You can replace this text by going to "Layout" and then "Edit HTML" section. A welcome message will look lovely here.
RSS

Rabu, 22 Januari 2014

Perilaku Budaya Demokrasi DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Oleh : Eka kartika (1301145030)
        Demokrasi sendiri merupakan bentuk pemerintahan yang mana rakyatlah yang memegang kedaulatan tertinggi. Artinya, pemerintah itu di jalankan atas kehendak rakyat serta puncaknya untuk kepentingan rakyat pula. Dan Demokratisasi merupakan proses pelaksanaan demokrasidalam kehidupan politik, kenegaraan, dan kemasyarakatan.

         Masyarakat Indosesia di harapkan mampu mendukung proses demokratisasi serta berperilaku yang mencerminkan budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-sehari. Untuk mewujudkan prinsip-prinsip demokrasi dalam masyarakat , maka perlu di kembangkan sikap hidup warganya yang terbuka, kritis terhadap informasi yang ada, tidak mudah terprovokasi, serta memliki sikap toleransi yang tinggi.

         Mengingat bahwa negara indonesia adalah negara majemuk yang penuh dengan keanekaragaman baik itu budaya, suku ,ras maupun agama, maka perbedaan itu pasti akan mewarnai dalam setiap kehidupan. Oleh karena itu, untuk menghindari perpecahan dalam masyarakat harus dibina sikap saling menghormati dan saling menghargai perbedaan yang ada serta kesediaan melaksanakan hasil keputusan dengan penuh tanggung jawab. Dalam negara demokrasi di perlukan adanya dukungan dari warga negara untuk ikut menyukseskan keputusan-keputusan politik yang diambil oleh pemerintah dan kesadaran untuk selalu menyukseskan pemilu untuk menyukseskan pesta demokrasi rakyat.

         Untuk dapa mewujudkan  masyarakat yang demokratis, mka sejak awal rakyat harus dibiasakan untuk berperilaku yang mencerminkan budaya demokratis dala kehidupan sehari-sehari mereka. Bahkan perilaku ini bisa di bina dalam keluarga, kampus, maupun lingkungan masyarakat.

       Adapun beberapa hal yang merupakan perilaku yang mencerminkan budaya demokrasi dalamkehidupan sehari-hariantara lain sebagai berikut :
  1. Menghargai pendapat/saran orang lain dalam sebuah rapat.
  2. Besedia/berbesar hati menerima perbedaan.
  3. Mengembangkan sikap saling percaya, jujur, dan rasa keadilan dalam berbagai aspek kehidupan.
  4. Menghindari sikap saling provokasi  atarindividu/kelompok masyarat.
  5. Ikut mendukung ketertiban umum.
  6. Menggunakan hak pilih sesuai hati nurani tanpa tekanan/paksaan pihak lain.
  7. Menaati tata tertib serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Mengutamakan musyawarah untuk mengambil keputusan untuk mengambil keputusan.
  9. Menyalurkan aspirasi melalui jalur yang benar (sesuai aturan yang berlaku).
  10. Merealisasikan asas-asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
Mewujudkan demokrasi berarti mewujudkan kesejahtraan rakyat, maka rakyat harus mendukung upaya mengmbangkan budaya demokrasi. Oleh karena itulah, budaya demokrasi harus menjadi gaya hidup bagi rakyat indonesia, karena itulah harus di terapkan dlam kehidupan sehari-hari.

Sebagai langkah awal menerapkan budaya demokrasi adalah setiap setiap warga negara harus menyadari adanya persamaan harkat dan martabat. Sehingga dalam setiap perkataan dan perbuatan kita harus mencerminkan sikap menghargai dan menghormati orang lain, serta senantisa bertoleransi atau tenggang rasa dengan orang lain. Dengan adanya pengakuan dan penghormatan kedudukan orang lain akan membuat kita lebih memikirkan kepentingan orang lain atau umum daripada kepentingan pribadi. Dalam menrapkan kehidupan demokratis tidak hanya dalam kehidupan begnegaratadi dalam aspek kehidupan baik di lingkungan keluarga, masyarakat, bahkan di lingkungan kampus.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mana sumbernya???

Posting Komentar