You can replace this text by going to "Layout" and then "Edit HTML" section. A welcome message will look lovely here.
RSS

Kamis, 23 Januari 2014

Pengertian dan Fungsi Ideologi

Oleh : Retno Fitria Setyawati (1301145086)


Didalam kehidupan ini banyak macam ideologi yang sering kita dengar. Hampir masing-masing Negara memiliki ideologi tersendiri yang sesuai dengan negaranya. Karna ideologi merupakan dasar Negara untuk berkembang dan maju. Namun, tidak banyak juga orang yang mengerti dan memahami arti dari ideologi tersebut berserta fungsinya

Istilah ideologi berasal dari bahasa yunani yaitu Idea berarti ide atau gagasan dan logos berarti ilmu.

Didalam perkembangannya terdapat pengertian ideologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.
  1. Karl Marx, ideologi sebagai pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan kepentingan golongan atau kelas sosial. 
  2. Gunawan Setiardjo, ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang di jadikan pedoman atau cita cita hidup. 
  3. Moerdiono, ideologi dipandang secara harfiah sebagai a system of idea. 
  4. Soerjanto Poespowardojo, ideologi adalah sebagai kompleks pengetahuan dan nilai. 
  5. C.C Rodee, ideologi adalah sekumpulan gagasanyang secara logis berkaitan dan mengidentifikasi nilai nilai yang member keabsahan bagi institusi dan pelakunya. 
  6. Thomas H, ideologi adalah suatu cara untuk melindung kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya 
  7. W White, ideologi adalah soal cita cita politik atau doktrin(ajaran) dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda bedakan.

Dari beberapa pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa Ideologi dapat diartikan secara sederhana sebagai kumpulan ide atau gagasan dari pemahaman-pemahaman yang disusun secara sistematis.

Ideologi harus dimiliki oleh setiap bangsa karena ideologi merupakan tujuan hidup berbangsa dan bernegara  atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dalam suatu bangsa.

ideologi dalam kehidupan bernegara dapat diartikan sebagai suatu consensus mayoritas warna Negara tentang nilai-nilai yang ingin diwujudkan dalam mendirikan Negara. Berikut ini adalah fungsi dari ideologi :
  1. Ideologi berfungsi sebagai pemersatu tujuan bangsa 
  2. Membentuk identitas atau ciri suatu kelompok atau bangsa 
  3. Sebagai pembentuk solidaritas (rasa kebersamaan) dengan mengangkat perbedaan ke dalam tata nilai yang lebih tinggi 
  4. Memberikan stabilitas arah dalam hidup berkelompok dan sekaligus memberikan dinamika gerak menuju tujuan masyarakat bangsa. 
  5. Sebagai  struktur kognitif, yaitu merupakan keseluruhan pengetahuan dan landasan untuk memahami  kejadian -kejadian dalam  sekitarnya. 
  6. Sebagai Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia. 
  7. Norma-Norma yang menjadi pegangan dan pedoman bagi seseoranguntuk melangkah dan bertindak. 
  8. Sebagai kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan 
  9. Sebagai pendidikanbagi seseorang ataumasyarakat untuk memahami, menghayati serta melakukan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pengertian-pengertian  ideologi bervariasi, tetapi jika dicermati sesungguhnya terkandung inti-inti kesamaannya, yakni ideologi adalah prinsip, dasar, arah, dan tujuan dalam kehidupan. Selain mengetahui pengertian ideologi, kita juga harus mengetahui fungsi ideologi. Ideologi berfungsi mendasari kehidupan masyarakat sehingga mampu menjadi landasan, pedoman, dan bekal serta jalan bagi suatu kelompok, masyarakat, bangsa, dan negara.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sumbernya mana ya??

Posting Komentar