You can replace this text by going to "Layout" and then "Edit HTML" section. A welcome message will look lovely here.
RSS

Selasa, 21 Januari 2014

Pemilih Pemula : Memilih dengan Cerdas

Oleh : Asep Gunawan

     YOGYAKARTA – Sebagaimana yang dilansir dalam SHNEWS.com, pemilu tahun depan akan sangat menarik sebagaimana dikatakan oleh Jusuf Kala disela-sela dialognya di Convention Hall Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (20/11).

     “Seperti menonton Barcelona lawan Manchester United, atau Persija lawan PSIS. Seru karena lawannya seimbang,” kata JK

     Pada kesempatan itu JK mengajak generasi muda ikut berkiprah dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Salah satunya melalui penyuksesan pemilu yang jujur dan adil sehingga mampu menghasilkan pemimpin yang mampu menyejahterakan rakyatnya.
Dewi Susilorini dalam bukunya yang berjudul “Bangga Menjadi Pemilih Pemula” yang bekerja sama dengan tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan bahwa sebagai generasi muda kita harus cerdas dalam menentukan pilihan. Apalagi sebagai pemilih pemula yang baru bergabung dengan pesta lima tahunan ini.
Menurutnya, untuk menjadi pemilih yang cerdas setidaknya kita harus mengetahui visi, misi, dan program peserta pemilu. Hal tersebut bertujuan agar orang yang kita pilih dapat benar-benar menyuarakan aspirasi kita. Memilihlah dengan cerdas, bukan karena melihat calon pasangan ini ganteng atau cantik, atau karena ikut pilihan orang tua apalagi sekedar ikut-ikutan teman.

     Lantas bagaimana kita bisa mengetahui visi, misi, dan program mereka? Sebagai pemilih pemula, kita dapat mengetahui visi dan misi calon peserta pemilu lewat kampanye maupun pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh calon. Salain itu kita juga dapat meminta pendapat dari orang – orang disekitar kita, seperti anggota keluarga, teman, maupun guru di lingkungan sekolah.
Selain visi, misi dan program yang mereka tawarkan kita juga harus mengenali rekam jejak mereka. Kenali riwayat pendidikan. Ketahui apa pekerjaannya. Juga aktivitasnya dalam lingkungan masyarakat untuk memperoleh gambaran bagaimana kiprah mereka dalam bermasyarakat.

     Kita telah menelusuri bersama bagaimana visi, misi, dan program serta rekam jejak calon peserta pemilu. Apakah hal itu telah membuat kita yakin terhadap pilihan kita? Jika dirasa masih belum cukup, maka kita wajib mendiskusikan informasi dan data itu dengan elemen-elememn yang ada dalam masyarakat, sehingga informasi dan data itu dapat diperkaya dan menjadi dasar yang kuat dalam menentukan pilihan.

     Menentukan pilihan tanpa ada informasi sama sekali, tentu sangan beresiko, karena sangat mungkin terpilih calon-calon dengan rekam jejak yang tidak sesuai dengan harapan.
Sebagai genersi muda, mau tidak mau kita dituntut untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu. 

      Hal itu sebagai upaya untuk menancapkan tonggak masa depan bangsa. Maka dengan menjadi pemilih yang cerdas kita dapat memilih wakil rakyat dan pemimpin yang terbaik untuk bangsa dan negara. Sehingga mimpi dan angan-angan kita tentang indonesia yang lebih baik dan sejahtera dapat terwujud.
 
sumber :

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

oke, terimakasih ya.

Posting Komentar